Cerita wisata indonesia

Wisata Alam Curug Cipendok Indah Alami

Posted by Admin Sebelah Wednesday, July 25, 2012 0 comments
Banyumas mungkin sudah tak asing di telinga. Tapi, tahukah Anda bahwa salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki wisata yang sungguh indah, Pernah dengar nama Cipendok? Tempat wisata ini dikelilingi oleh pemandangan alam dan hutan yang indah. Lokasi curug cipendok mudah untuk dicapai. Dari Curug Cipendok ke tempat  parkir mobil berjarak sekitar 500 meter. 

Tapi anda tak perlu kawatir karena perjalanan 500 meter dari pintu masuk ke tempat  air terjun tidak akan membosankan. Sebaliknya, anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang masih asri dengan jalan yang naik turun disambut suara nyanyian tenggorek dan serangga hutan lainnya.

Mendekati ari terjun Cipendok anda akan mendengar suara gemuruh seperti hujan yang sangat lebat. Suara tersebut berasal dari jatuhan air terjun setinggi 92 meter. Udara dingin ditambah dengan tetesan air menciptakan suasana damai dan segar. Menjelang siang, matahari bersinar membuat sebuah pelangi tipis yang indah refleksi tetesan air yang jatuh.

Wisata Alam Curug CipendokDi jalan menuju lokasi air terjun, banyak sekali warung yang menjual mendoan ada juga penjual susu murni Kemudian Perkebunan tomat, cabai dan seledri yang cukup menarik untuk ditelusuri. Belum lagi sungai-sungai kecil yang mengalir air jernih, Rasanya ingin sekali meloncat mencebur kedalamnya untuk merasakan air asli pegunungan yang sejuk dan jernih.Curug cipendok ramai dikunjungi pada hari libur dan hari hari besar.

Untuk masuk area ini anda harus membeli tiket curug cependok dengan harga yang enam ribu rupiah ( Rp 6000 ). Bagi mereka yang punya nyali, berenang di kolam renang tidak akan dilewatkan. kedalaman air di pusat air terjun mencapai 25 meter dengan suhu dingin di bawah 20 ° C. Jika anda punya nyali anda bisa mencoba berenang ke pusat air terjun, Namun resiko di tanggung sendiri yah.

Di daerah Curug cipendok juga masih banyak ditemukan hewan dan spesies tanaman langka. Bahkan baru-baru ini, mahasiswa penelitian dari Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto telah menemukan dua spesies kupu-kupu langka. Di sini juga terdapat jenis anggrek dan tanaman langka yang hanya ada di curug Cipendok, yaitu puyengan dan Euphorbia pulcherrima.

Cerita Asal Usul Curug Cipendok

Asal Usul Nama Curug Cipendok berawal ketika perang jawa berakhir. seorang Wedana bernama Raden Ranusentika. Pada saat itu diberi tugas untuk melakukan kerja rodi, Untuk membuka hutan belantara yang ada di sekitar lereng Gunung Slamet untuk dijadikan area perkebunan. Ketika pohon selesai di tebangi ada kejadian aneh. Pohon pohon tersebut tumbuh lagi seolah olah tidak pernah di tebang.  Raden Ranusentika bertapa dan berdoa sejenak kemudian ia pergi memancing di dekat air terjun. Saat asik memancing, tiba-tiba ia merasa kailnya seperti ditarik-tarik oleh ikan besar, hingga gagang pancingnya melengkung.

Alangkah terkejutnya Raden Ranusentika ketika pancing yang ditarik ternyata bukan ikan, melainkan sebuah benda mirip cincin yang merupakan pendok atau cincin warangka keris yang bersinar kuning keemasan. Saat di dekatkan Raden Ranusentika melihat banyak sekali makhluk halus di tempat hutan yang pohonnya di tebang habis. Mahluk halus tersebut yang selalu menggagalkan proses penebangan Raden Ranusentika.

Kemudian atas usulan seorang kepala pekerja, Breden Santa, Air terjun tempat Raden Ranusentika memancing dinamakan curug cipendok yang berarti Air terjun pendok ( cincin dari keris ). Raden Ranusentika juga bertemu dengan mahluk halus bernama dewi masinten yang kemudian membantu menyelesaikan pekerjaan pembukaan hutan di daerah tersebut. Sejak tahun 1984 dibuka untuk umum setelah curug ini dipugar dan diperbaiki. Dan sampai sekarang curug ini selalu ramai dikunjungi.

Jika anda berkunjung ke Banyumas sempatkan ke Curug Cipendok setelah anda berkunjung ke baturaden. Sudah lama sekali belum berkunjung ke tempat wisata alam ini. Ingin rasanya liburan lagi ke curug cipendok tapi hampir tak ada waktu untuk saat ini. kapan kapan lagi mari kita kunjungi kecurug cipendok ini. okeh deh jangan lupa yah

0 comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi

Powered by Blogger.

Provinsi